Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selawat Syifa Rumi Jawi (Kelebihan Selawat Syifa)

Selawat Syifa Rumi | Selawat Syifa Jawi | Kelebihan Selawat Syifa | Selawat Nabi | Islam Malaysia | 

Selawat Syifa Rumi Jawi (Kelebihan Selawat Syifa)
 

Selawat Syifa Rumi Jawi (Kelebihan Selawat Syifa)

Salah satu shalawat yang memiliki kelebihan dan keutamaan adalah shalawat Syifa’. Shalawat ini tidak hanya mengagungkan Nabi Muhammad, tetapi juga berisikan doa keselamatan bagi yang membacanya. Dalam tulisan ini, penulis akan membahas tentang sejarah shalawat Syifa’, biografi penulisnya, serta keutamaan dari shalawat ini.

Teks Shalawat Syifa (Arab, Rumi dan Maksudnya)

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيــِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَبِـيْبِ الْـمَحْبُوْبِ شَافِيْ فِي الْعِلَلِ وَمُفَرِّجِ الْــكَرُوْبِ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

 Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muḫammadin habîbil mahbûbi syâfi fil ‘ilal wa mufarrijil kurûbi wa ‘alâ âlihi wa shaḫbihi wa sallim

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad, yang merupakan kekasih Allah yang mengasihi dan yang menyembuhkan segala penyakit dan yang menghilangkan segala kesusahan. Limpahkan pula kepada keluarganya dan sahabat-sahabat beliau.

Sejarah Shalawat Syifa

Shalawat Syifa’ adalah salah satu shalawat yang ditulis oleh Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi, ulama tersohor pada abad ketigabelas Hijriah. Dalam kitabnya disebutkan bahwa shalawat ini merupakan shalawat kesembilan belas yang ditulis oleh Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi. Ia hidup di al-Quds Palestina dan memiliki derajat kewalian yang diakui oleh para ulama.

Biografi Penulis Shalawat Syifa’

Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi adalah seorang ulama yang memiliki derajat kewalian yang diakui oleh para ulama. Ia senang menyendiri dan lebih fokus pada ibadah kepada Allah, berdzikir, dan membaca shalawat kepada Rasulullah. Meskipun tidak ada catatan pasti mengenai tahun kelahirannya, namun ia wafat pada tahun 1308 Hijriah.

Kelebihan Shalawat Syifa’

Shalawat Syifa’ memiliki keutamaan yang khusus, yaitu mampu menghilangkan kesusahan dan kepayahan. Para ulama telah membuktikan bahwa shalawat ini efektif dalam mengatasi masalah dan mendapatkan kelegaan dalam hidup. Syekh Yusuf an-Nabhani mengatakan bahwa shalawat ini teruji dalam menghilangkan kesusahan.

Dalam kitabnya, Syekh Yusuf an-Nabhani juga menceritakan pengalamannya sendiri. Ia mengalami kesusahan dan masalah yang tak kunjung selesai. Namun setelah membaca shalawat Syifa’, semua masalahnya hilang dan ia merasa diberkahi oleh Allah. Shalawat ini diijazahkan oleh Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi di al-Quds Palestina sebelum beliau wafat pada tahun 1308 Hijriah.

Penutup

Shalawat Syifa’ adalah salah satu shalawat yang memiliki keutamaan dan kelebihan. Dengan membaca shalawat ini, kita bisa mendapatkan keselamatan dan kelegaan dalam hidup. Sebagai umat Muslim, sudah sepatutnya kita membaca shalawat ini dengan istiqamah untuk merasakan manfaatnya.

close